Perkembangan Fashion di Tahun 80-an

22.51
Perkembangan Fashion di Tahun 80-an - Berikut adalah Perkembangan Fashion di Tahun 80-an

TAHUN 1980 (NEW WAVE)

Kaos dan cenala jin menjadi begitu populer dikalangan remaja.  Pada masa ini, lagi, musik menjadi bagian penting dari gaya berbusana urban pada tahun 1980an awal. Masih dipengaruhi oleh budaya Punk, New Wave menawarkan gaya berbusana yang lebih diterima khalayak umum ketimbang Punk. Pengaruh televisi dan film yang lebih mudah terjangkau menyebabkan budaya ditahun 1980 lebih cepat tersebar. Pengaruh musik dari Inggris masih mendominasi, semacam Elastica dan grup beraliran Britpop lain.

TAHUN 1980 (MADONNA DAN AEROBIC)

Tahun 1980an juga ditandai dengan berkembangnya teknologi portable seperti radio. Musik mulai didengar di  jalan raya, taman bermain,  dan juga tempat umum lain melalui radio  jinjing. Musik bergaya jalanan dengan baju kedodoran dan nuansa outdor bernama Musik Rap mulai digandrungi.


Bersamaan dengan itu, Gaya berbusana outdor semacam outfit Fitness dan olah raga menjadi populer, khususnya wanita  yang sering menggunakan legging sebagai perpaduan outfit celana mereka.


TAHUN 1980 (YUPPIE)

Berkembangnya teknologi juga menyebabkan perubahan lifestyle. Kalkulator saku dan jam digital sudah mulai banyak digunakan yang merembet pada kegiatan dunia kerja yang semakin tegas dan profesional. Kalangan Pekerja tidak lagi bergelut dengan mesin sebagai  buruh, banyak kelas  pekerja yang bekerja di dalam ruangan dengan perangkat elektronik di hadapan mereka. Para kelas pekerja juga tidak hanya melulu kaum pria. Wanita pun mulai menapaki dunia  karier sehingga julukan Wanita Karir dan Independen mulai dikenal dunia.


Fashion akhir tahun 1980an akibat merebaknya  kalangan  pekerja kantoran ini disebut Yuppie. Singkatan dari “young urban professional” atau “young upwardly-mobile professional”. Gaya berbusana Yuppie dikenal dengan pakaian-pakaian kantoran yang  rapi dengan aksen minimalis. Tak terkecuali perempuan yang mulai menggunakan Jas dipadu dengan rok atau celana panjang dari kain.
(Tahun 80)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »